Pidato Tentang Pentingnya Budaya Tegur Sapa

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak/ Ibu Kepala Sekolah
Dan yang saya hormati Bapak/ Ibu Guru dan Karyawan di sekolah
Serta siswa dan siswi yang Bapak banggakan

Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kita semua yang hadir disini nikmat berupa kesehatan sehingga kita semua dapat berkumpul ditempat ini dalam keadaan sehat.

Shalawat serta salam tak lupa semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, serta keluarga, sahabat dan pengikutnya sampai akhir jaman nanti.

Dalam kehidupan bermasyarakat, kita sebagai salah satu bagian dari masyarakat tidak dapat hidup secara sendiri. Salah satu hal terpenting dalam berkehidupan bermasyarakat adalah sosialisasi.

Bersosialisasi merupakan hal yang tidak pernah lepas dari kehidupan bermasyarakat. Salah satu cara untuk bersosialisasi yaitu dengan cara saling tegur sapa.

Tegur sapa merupakan tindakan saling menegur atau saling mengucapkan salam dan menjawab salam. Dalam kehidupan bermasyarakat, saling tegur sapa memiliki banyak manfaat bagi kehidupan karena dengan saling tegur sapa kita dapat mengenal orang yang baru kita temui. Tegur sapa dapat menjadi sebuah awalan ketika kita ingin saling berbicara atau berkomunikasi.

Kebiasaan bertegur sapa dapat meningkatkan tali silaturahmi antar sesama, dapat meningkatkan rasa kepedulian antar sesama, dapat meningkatkan kesatuan dan persatuan masyarakat dan masih banyak manfaat lainnya dari saling bertegur sapa ini.

Pada era sekarang ini, kebiasaan saling tegur sapa semakin menurun. Pengaruh globalisasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi merendahnya kesadaran masyarakat untuk saling bertegur sapa.

Seperti contohnya saja, ketika ada seseorang yang naik kendaraan di jalan kampung dan bertemu dengan orang lain, dia terkesan cuek tidak mau menegur. Bagi dia mungkin hal tersebut biasa saja, namun bagi sebagian orang hal tersebut terkesan sebagai tindakan yang kurang sopan dan sombong.

Selain itu, contohnya saja ketika ada orang-orang saling berkumpul, mereka saling diam sibuk dengan HP nya sendiri-sendiri. Hal tersebut membuktikan bahwa dewasa ini kesadaran untuk saling bertegur sapa semakin rendah.

Marilah mulai dari sekarang jangan malu untuk menegur dahulu ketika bertemu dengan orang lain. Menegur bisa dengan mengucapkan salam dan berjabat tangan atau hanya sekedar dengan bersenyum ketika berjumpa dengan orang lain.

Dengan membiasakan saling bertegur sapa akan dapat menciptakan lingkungan yang ramah. Bertegur sapa baik dilakukan dimana saja, lingkungan keluarga, masyarakat atau di lingkungan sekolah.

Mungkin yang sedikit ini yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua yang hadir disini dan apabila ada perkataan saya yang tidak berkenan saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0 Response to "Pidato Tentang Pentingnya Budaya Tegur Sapa"

Post a Comment