Pidato Tentang Pentingnya Sopan Santun Dalam Kehidupan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak/ Ibu Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak/ Ibu Guru
Yang saya hormati seluruh Karyawan Sekolah
Dan yang saya banggakan, nanda siswa siswi ku semua

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan karunianya kepada kita semua yang hadir di tempat ini sehingga kita dapat berkumpul bersama-sama di tempat ini dengan keadaan sehat wal’afiat.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi kita Muhammad SAW yang telah menuntun kita semua dari jaman kegelapan menuju jalan yang terang benderang.

Dalam kehidupan bersolialisasi, perilaku sopan santun sangatlah penting karena dalam setiap kehidupan bersosialisasi tentunya akan diiringi dengan norma-norma dan etika-etika yang akan saling berkaitan erat.

Sopan santun sendiri merupakan perilaku yang baik atau positif di dalam diri seseorang, mereka yang memiliki sikap sopan santun akan selalu senantiasa berperilaku sopan, sabar, tenang dan berkata baik dalam kehidupannya. Dalam bahasa jawanya sopan santu sama dengan toto kromo.

Perilaku sopan santun akan memberikan banyak manfaat baik dalam diri kita sendiri tentunya. Dengan kalian berperilaku sopan dan santun dalam kehidupan bersosialisasi maka kalian akan lebih dihargai dan disenangi oleh orang lain.

Contoh sikap sopan santun dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kalian lakukan :
  1. Berperilaku baik dalam bergaul. Dalam kehidupan besosialisasi atau bergaul antar manusia baik kalian bergaul dengan teman, saudara, keluarga atau bapak dan ibu guru yang ada di sekolah ini maka kalian wajib membiasakan diri untuk berperilaku baik. Dengan kalian berperilaku baik maka orang lain juga akan melakukan hal yang sama terhadap diri kalian.
  2. Menghormati orang yang lebih tua. Bila kalian di sekolah maka kalian harus selalu menghormati bapak dan ibu guru yang ada di sekolah. Cara menghormati bapak dan ibu guru dapat dengan berperilaku baik, berkata sopan dan selalu patuh setiap apah yang disuruh oleh bapak dan ibu guru.
  3. Mematuhi segala aturan yang diterapkan dilingkungan kalian. Apabila kalian berada di sekolah maka selalu taatilah aturan yang diberlakukan oleh sekolah. Sekolah telah menerapkan berbagai aturan yang bertujuan agar kalian menjadi penerus bangsa yang baik. Salah satu aturan di sekolah yaitu kalian wajib memakai pakaian yang rapi, pada hari senin seragam yang digunakan adalah putih abu-abu dan baju wajib dimasukkan ke dalam celana. Aturan dalam berpakaian ini akan membiasakan kalian untuk berpakaian yang rapi.
  4. Menjaga kebersihan lingkungan. Cara yang paling mudah untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya.

Semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi siswa siswi ku semuanya. Bapak berharap agar kalian semua mampu menerapkan sikap sopan santun dalam kehidupan sehari-hari. Cukup sekian yang dapat bapak sampaikan, bila ada salah kata atau tidak berkenannya di hati siswa siswi ku sekalian, bapak minta maaf.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0 Response to "Pidato Tentang Pentingnya Sopan Santun Dalam Kehidupan"

Post a Comment