Pidato Apel Tentang Menghormati Orang Yang Lebih Tua

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak/ Ibu Kepala Sekolah
Dan yang saya hormati Bapak/ Ibu Guru dan Karyawan di sekolah
Serta siswa dan siswi yang Bapak banggakan

Pertama marilah kita semua yang hadir disini selalu memanjatkan puji dan syukur kehadiran Allah SWT karena berkat rahmat dan karuninya yang telah diberikan kepada kita semua sehingga kita masih dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat.

Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita semua, Nabi Muhammad SAW, para keluarga, sahabat dan para umatnya sehingga nantinya kita semua yang ada ditempat ini semoga mendapatkan safaatnya di akhir jaman nanti, Amiin ya robbal alamiin.

Salah satu hal yang kian hari kian menurun adalah rasa saling mengormati. Tak jarang antara yang orang-orang yang lebih muda pada jaman ini sudah tidak lagi menghormati orang yang lebih tua.

Jika kalian berada di rumah maka orang yang lebih tua yang harus kalian hormati tidak lain adalah orang tua kalian sendiri. Dan apabila kalian berada di sekolah maka orang yang harus kalian hormati adalah guru. Dan apabila kalian berada di lingkungan masyarakat maka orang yang harus kalian hormati adalah semua orang yang lebih tua dari kalian.

Adapun cara untuk menghormati orang yang lebih tua dapat kalian lakukan dengan cara :
  1. Yang pertama, mendahulukan orang yang lebih tua untuk berbicara terlebih dahulu. Misalnya, ketika guru sedang menjelaskan materi maka bentuk penghormatan yang harus kalian lakukan adalah dengan mendengarkan sebaik-baiknya jangan kalian malah asik berbicara sendiri.
  2. Yang kedua, yang muda mengucapkan salam terlebih dahulu bila bertemu dengan yang lebih tua. Misalnya, jika kalian menemui bapak dan ibu guru dijalan maka sudah seharusnya kalian lah yang menyapa dan mengucapkan salam terlebih dahulu jangan sampai kalian hanya diam dan cuek atau malah bapak dan ibu guru yang menyapa kalian terlabih dahulu.
  3. Yang ketiga, ketika berbicara dengan yang lebih tua, berbicaralah dengan suara yang lembut dan bahasa yang sopan. Jangan samakan bahasa kalian ketika berbicara dengan orang yang lebih tua dengan ketika kalian berbicara dengan teman sebaya kalian.
  4. Yang ke empat, senyumlah dengan yang lebih tua ketika kalian menemuinya. Janganlah kalian ketika bertemu dengan orang yang lebih tua malah melakukan sebaliknya yaitu menampilkan raut wajah yang tidak menyenangkan.

Ketika kalian mau menghormati orang yang lebih tua dari kalian maka sebenarnya semua akan kembali ke diri kalian sendiri. Ketika orang yang lebih tua kalian hormati maka kalian akan disayangi kembali oleh orang yang lebih tua.

Dan nantinya ketika umur kalian mulai menua maka anak-anak cucu kalian juga akan menghormati kalian.

Mari siswa siswi yang Bapak banggakan, mulai dari sekarang berusahalah untuk membiasakan diri untuk menghormati orang yang lebih tua dan hilangkan sifat ego dan sombong dari dalam diri kalian.

Demikian yang dapat Bapak sampaikan, kurang lebihnya Bapak mohon maaf apabila ada salah kata.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0 Response to "Pidato Apel Tentang Menghormati Orang Yang Lebih Tua"

Post a Comment