Pidato Tentang Manfaat Disiplin Dalam Diri

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak/ Ibu Kepala Sekolah
Dan yang saya hormati Bapak/ Ibu Guru dan Karyawan di sekolah
Serta siswa dan siswi yang saya banggakan

Pertama marilah kita semua yang hadir disini selalu memanjatkan puji dan syukur kehadiran Allah SWT karena berkat rahmat dan karuninya yang telah diberikan kepada kita semua sehingga kita masih dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat.

Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita semua, Nabi Muhammad SAW, para keluarga, sahabat dan para umatnya sehingga nantinya kita semua yang ada ditempat ini semoga mendapatkan safaatnya di akhir jaman nanti, Amiin ya robbal alamiin.

Disiplin merupakan hal yang harus ada pada diri kita semua. Disiplin merupakan bagian dari karakter.

Kalau kalian berjanji pasti kalian akan menepati janji itu bukan? Sama halnya dengan disiplin, ketika kalian mendaftar pertama kali ke sekolah ini pastinya pihak sekolah telah menjelaskan segala aturan yang harus dipatuhi ketika kalian telah masuk ke sekolah.

Dan sudah tentu, kalian pasti menyanggupinya, dan saya yakin tidak ada satupun yang menolak aturan tersebut.

Ketika kalian sudah menyanggupi maka kalian telah berjanji bahwa akan mematuhi segala aturan yang ada. Dan apabila kalian benar-benar mentaati aturan, hal tersebut berarti menandakan bahwa kalian benar-benar telah disiplin.

Dengan kalian terbiasa disiplin, tentunya kebiasaan itu akan berdampak baik kepada kalian sendiri. Adapun manfaat dari disiplin yang dapat kalian dapatkan antara lain :

Membangun kepribadian
Pertumbuhan dari kepribadian seseorang banyak dipengaruhi dari beberapa faktor, antara lain faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan masyarakat dan faktor lingkungan sekolah. Aturan dan norma yang diterapkan pada masing-masing lingkungan tersebut akan mempengaruhi kepribadian kita termasuk berpengaruhi terhadap kedisiplinan kita.

Apabila aturan tersebut diterapkan dengan baik, maka dapat menumbuhkan kebiasaan disiplin. Bila kita sudah terbiasa disiplin sudah tentu kepribadian kita juga akan lebih baik.

Meningkatkan ketertiban
Dengan disiplin akan membuat kita lebih menghargai waktu dan aturan. Kita sadar bahwa waktu itu berharga sehingga kita tidak akan pernah menyia-nyiakan waktu walau hanya sedetik pun.

Kita sadar bahwa aturan itu dibuat untuk kembali kekita sendiri, oleh sebab itu kita tidak akan pernah berpikir untuk melanggar aturan-aturan yang ada.

Dengan mengetahui pentingnya waktu dan kenapa terdapat segala maca aturan maka akan meningkatkan rasa tertib di dalam diri kita.

Membuat kalian lebih percaya diri dalam melakukan pekerjaan.
Jika kalian mengerjakan pekerjaan dengan tepat waktu maka kalian akan lebih percaya diri dengan hasil pekerjaan yang akan kalian dapatkan.

Berbeda apabila kalian mengerjakan suatu pekerjaan namun sudah terlambat dari waktu yang sudah ditentukan, maka hasilnya pun juga akan tidak baik karena kalian tentunya mengerjakan pekerjaan tersebut dengan tergesa-gesa dan hasilnya pun akan membuat kalian menjadi tidak percaya diri.

Sifat disiplin tidak dapat dimiliki secara begitu saja. Disiplin dapat kalian miliki dengan terlebih dahulu membiasakan diri untuk mematuhi segala aturan yang ada.

Untuk terbiasa ini maka hal pertama yang harus kalian lakukan adalah paksa diri kalian untuk mulai tertib dan mulai taat aturan.

Mari mulai dari sekarang belajar untuk disiplin dalam berbagai aspek, mulai belajar disiplin mentaati peraturan yang ada disekolah dan masyarakat, serta mulai belajar disiplin dalam berbadah.

Mungkin hanya sedikit itu saja yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf. Terimakasih atas perhatian siswa siswiku semua.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0 Response to "Pidato Tentang Manfaat Disiplin Dalam Diri"

Post a Comment