Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Photoshop merupakan salah satu sofware yang dibuat oleh adobe system yang digunakan untuk mengedit foto, salah satunya photoshop dapat digunakan untuk mengganti warna background pada pas photo.

Sebelum melakukan penggantian background atau latar belakang foto, pertama-tama siapkan terlebih dahulu foto yang akan di edit kemudian buka aplikasi photoshop.

Pada tutorial ini, saya menggunakan adobe photoshop CS6. Langkah-langkah ini dapat diaplikasikan pada adobe photoshop untuk versi-versi sebelumnya.

Cara mengganti Warna Background dengan Photoshop dapat dilakukan dengan cara :
Cara 1
  1. Masukkan foto yang akan diedit ke dalam aplikasi photoshop. Untuk memasukkan foto dapat dilakukan dengan cara klik file kemudian pilih open lalu pilih foto yang akan diedit. Selain itu juga dapat dilakukan dengan cara tekan tombol CTRL+O pada keyboard kemudian pilih file foto yang akan diedit. Selain itu juga dapat dilakukan dengan cara buka folder lalu tarik (drag) foto yang akan diedit ke dalam photoshop.
  2. Setelah foto masuk ke dalam photoshop maka tekan tombol CTRL+J untuk menduplikatkan layer foto, atau juga dapat dilakukan dengan klik kanan dan pilih duplicate layers.
  3. Setelah itu, maka akan ada dua buah layer foto. Lalu pada layer asli tekan simbol mata sehingga layer asli tidak akan terlihat.
  4. Setelah itu, tekan tombol W pada keyboard untuk mengaktifkan mode Quick Selection Tool, atau juga dapat dengan klik simbol Quick Selection Tool.
  5. Kemudian setelah itu klik pada background yang akan dirubah warnanya.
  6. Setelah itu pilih warna yang akan digunakan, pada tutorial ini saya akan mengganti warna background dari warna merah menjadi warna biru.
  7. Setelah itu tekan tombol G pada keyboard untuk mengaktifkan mode Gradient Tool untuk mengganti warna backround menjadi warna biru.
  8. Untuk mengaktifkan mode tersebut, langkah terakhir adalah klik area background yang adan diganti. Maka secara otomatif warna background akan berganti dari warna merah menjadi biru.
  9. Simpan foto yang sudah diedit dengan menekan tombol CTRL+S.

Cara 2
  1. Masukkan foto ke dalam aplikasi photoshop
  2. Klik pada menu tool bar “Image” lalu pilih “Adjustments” lalu pilih “Replace color” dan akan muncul jendela replace color.
  3. Pilih “Eyedropper tool”.
  4. Klik backroud yang akan diganti warna dan lalu pilih warna yang akan digunakan.
  5. Apabila masih terlihat samar2 warna background lama maka dapat di edit kembali dengan mengklik add to sample (sebelah kanan eyedropper tool).
  6. Simpan foto setelah di edit dengan tekan tombol CTRL+S.

Cara di atas merupakan sebagian cara yang dapat dilakukan untuk mengganti warna backgroun pada pas foto. Semoga bermanfaat

0 Response to "Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop"

Post a Comment