Pengertian Muhammadiyah dan Arti Lambang Muhammadiyah


Muhammadiyah merupakan salah satu gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar yang berasaskan Islam, dan berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Amar ma’ruf merupakan segala perbuatan yang dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, sedangkan nahi munkar merupakan segala perbuatan yang jika dilakukan akan menjauhkan kita dari Allah SWT.

Muhammadiyah sendiri didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan pada 18 November 1912 M atau 08 Dzulhijah 1330 H di Yogyakarta yang tepatnya di kampung Kauman.

Pengertian Muhammadiyah dapat dilihat dari dua segi yaitu pengertian menurut bahasa (estimologis) dan pengertian menurut istilah (terminologi).

Pengertian Muhammadiyah menurut bahasa

Muhammadiyah diambil dari dua kata yaitu Muhammad dan iyyah. “Muhammad” sendiri merupakan nama Nabi terakhir, sedangkan iyyah dalam bahasa Arab dapat dinisbatkan ke dalam kata sebelumnya.

Sehingga Muhammadiyah dapat diartikan suatu golongan yang berkemauan untuk mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW. 

K.H Ahmad Dahlan mengambil nama Muhammadiyah sebagai suatu gerakan dakwah umat Islam dimaksudkan agar Muhammadiyah dapat menggerakkan seluruh umat Islam untuk mengikuti gerak gerik Nabi Muhammad SAW, baik yang sifatnya hablum minallah atau hablum minannas.

Pengertian Muhammadiyah menurut istilah

Sedangkan pengertian Muhammadiyah menurut istilah yaitu Muhammadiyah adalah sebuah gerakkan dakwah amar ma’ruf nahi munkar yang berasaskan Islam dan berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Sehingga Muhammadiyah bukan merupakan suatu kelompok, gerombolan atau organisasi, melainkan merupakan sebuah gerakan dakwah islam yang menyeru untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjauhi hal-hal yang dapat menjauhkan diri dari Allah SWT, dengan berlandaskan dari Al-Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Arti lambang Muhammadiyah

Lambang Muhammadiyah telah diatur di dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD & ART) Muhammadiyah pada BAB II pasal 5 yang berbunyi :

“Lambang Muhammadiyah adalah matahari yang bersinar utama dua belas, di tengah bertuliskan Muhammadiyah dan dilingkari kalimat Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammadar Rosulullah”

Arti lambang :

Matahari merupakan titik pusat dalam tata surta dan merupakan sumber dari kekuatan semua makhluk Alllah di bumi. Sehingga muhammadiyah diharapkan dapat menjadi sumber spiritual dengan nilai-nilai islam yang ber inti kan dua kalimat syahadat.

Dua belas sinar utama matahari yang diibaratkan seperti kaum Hawari (pengikut Nabi Isa yang berjumlah 12) yang memiliki semangat berjuang tinggi, memiliki tekad tinggi dan pantang menyerah. Sehingga diharapkan warga Muhammadiyah juga memiliki semangat tinggi , tekad tinggi dan pantang menyerah dalam menyebarkan agama Islam.

Warna hijau yang menjadi warna dasar yang memiliki arti kedamaian, kesejukkan dan kesejahteraan.

Warna putih pada lambang Muhammadiyah memiliki arti kesucian dan keikhlasan.

0 Response to "Pengertian Muhammadiyah dan Arti Lambang Muhammadiyah"

Post a Comment