Pidato Tentang Etika Dalam Menuntut Ilmu

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak/ Ibu Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak/ Ibu Guru
Yang saya hormati seluruh Karyawan Sekolah
Dan yang saya banggakan, anak-anak ku siswa siswi ku semua

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan karunianya kepada kita semua yang hadir di tempat ini sehingga kita dapat berkumpul bersama-sama di tempat ini dengan keadaan sehat wal’afiat.

Shalawat serta salam senantiasa tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya serta orang-orang yang mengikutinya.

Siswa siswi ku yang saya banggakan, ilmu merupakan bekal hidup manusia agar dapat selamat baik didunia dan diakhirat nanti. Yang membedakan derajat manusia salah satunya adalah ilmu. Seseorang yang memiliki ilmu maka pikiran, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang luas dibandingkan dengan seseorang yang tidak berilmu.

Sekolah merupakan salah satu lembaga yang memfasilitasi agar kalian dapat menuntut ilmu sebanyak-banyaknya. Dalam setiap langkah kalian untuk menuntut ilmu maka harus diiringi dengan etika. Adapun etika dalam menuntut ilmu adalah sebagai berikut :

Yang pertama sabar
Menuntut merupakan salah satu perkara yang bernilai tinggi. Semakin tinggi nilainya maka akan semakin sulit untuk diraih. Ibaratnya adalah sebuah madu, madu itu manis namun dibalik untuk mendapatkan madu ada sengat yang sangat perih. Akan banyak halangan dalam menuntut ilmu, maka untuk mengatasi semua itu kuncinya adalah sabar.

Yang kedua berkomitmen dan ikhlas
Dalam menuntut ilmu kalian harus berkomitmen dan diiringi dengan rasa ikhlas, jadikan tujuan kalian dalam menuntut ilmu sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT dan jauhkan jauh-jauh tujuan kalian menuntut ilmu hanya untuk mencari pangkat, mencari uang dan untuk kesombongan kepada orang lain.

Yang ketiga mengamalkan ilmu
Seseorang yang memiliki ilmu namun tidak diamalkan maka orang mereka termasuk orang-orang yang sombong, karena pada hakekatnya sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang dapat bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Dengan mengamalkan ilmu itu juga tidak akan mengurangi ilmu yang telah kalian dapat tapi justru akan menambah ilmu yang sudah kalian miliki. Jadi janganlah ragu untuk membantu teman kalian yang mangalami kesulitan saat menuntut ilmu.

Yang keempat pandai memanfaatkan waktu
Jauhi dari kalian dari sikap senang menunda-nunda waktu, karena waktu itu sangat berharga walaupun hanya 1 detik saja. Pada perusahaan atau industri-industri yang ada, keterlambatan satu detik produksi saja akan membawa kerugian yang besar pada industri tersebut. Oleh sebab itu gunakanlah waktu kalian sebaik-baiknya jangan biasakan memiliki sikap menunda-nunda waktu.

Yang kelima tekun
Tekun dan rajin merupakan kunci untuk menuntut ilmu. Ilmu itu tidak dapat didapat dengan singkat, namun membutuhkan proses yang cukup panjang. Belajarlah yang tekun jangan mudah menyerah dan yakin kalian akan bisa pada suatu hari nanti.

Yang keenam berperilaku sopan terhadap sesama
Ilmu itu didapatkan bukan hanya dari sebuah buku, namun pada prosesnya ada interaksi antara manusia dengan manusia. Disekolah dalam menuntut ilmu akan ada interaksi antara guru dan murid. Maka kalian sebagai murid yang ingin menuntut ilmu seharusnya kalian berperilaku sopan terhadap guru. Itu sebagai bentuk kalian menghormati seseorang yang telah membantu kalian dalam menuntut ilmu.

Siswa siswi ku semua yang saya banggakan, mungkin sedikit itu saja yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Bila ada perkataan yang salah dan tidak berkenan dihati siswa siswi ku semua, saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatianmya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0 Response to "Pidato Tentang Etika Dalam Menuntut Ilmu"

Post a Comment