Kisah Ashabus Sabt "Orang–orang yang Melanggar Larangan Hari Sabtu"

Di dalam Al qur’an banyak terdapat kisah yang bisa kita jadikan pelajaran, salah satunya adalah kisah ashabus sabt. Kisah ini menceriterakan sekelompok kaum Yahudi umat dari Nabi Musa AS. Mereka bermukim di pesisir laut merah dan hamper semuanya berprofesi sebagai nelayan. Allah SWT menetapkan kepada mereka bahwa hari sabtu adalah hari ibadah untuk mereka. Allah mengharamkan bagi mereka meancing ikan dihari tersebut.

Kemudian Allah menguji mereka dengan memunculkan ikan-ikan yang melimpah pada hari sabtu, namun di hari-hari yang lain selain sabtu Allah meniadakan ikan-ikan tersebut.

Awalnya mereka bisa bertahan dari larangan Allah SWT, namun seiring berjalannya waktu merekapun tergoda untuk menangkap ikan-ikan tersebut, mereka merencanakan untuk melanggar larangan tersebut secara tidak langsung.

Mereka memasang perangkap ikan di hari jumat sehingga hari sabtu mereka tetap bisa beribadah, dan pada hari minggunya mereka dapat memanen ikan hasil dari perangkap yang mereka pasang.

Sebagian dari kaum Yahudi itupun ada yang melarang mereka karena takut akan kemurkaan Allah SWT dan sebagian yang lain memilih tidak ikut melarang tidak pula ikut menangkap ikan.

Oleh karena itu merekapun dibagi menjadi tiga golongan yaitu :

  1. Mereka yang menghalalkan menangkap ikan di hari sabtu
  2. Mereka yang melarang perbuatan tersebut karena takut kemurkaan Allah SWT
  3. Dan mereka yang berdiam diri tidak melarang dan tidak menangkap ikan

Kelompok yang melarangpun akhirnya diusir dari desa tersebut, dan akhirnya mereka pun memilih bermalam diluar desa.

Esok pun tiba, para warga yang berada diluar desa merasa ada yang aneh dengan suasana yang terjadi di desa, tidak biasanya desa terlihat beitu sepi hingga mereka memutuskan kembali ke desa untuk mengetahui apa yang terjadi di desanya.

Alangkah terkejutnya mereka, dilihatnya sepanjang mata memandang penduduk yang sebelumnya ada di desa itu berubah menjadi sekumpulan monyet.

Kisah ini pun tertulis dalam Al Qur’an pada surah Al A’raf (7) ayat 163-166.

Semoga kisah ini bisa menjadikan kita semakin bertakwa dan taat kepada Allah SWT dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi semua larangannya, agar kita tidak termasuk dalam golongan orang-orang yang dimurkai Allah SWT.

1 Response to "Kisah Ashabus Sabt "Orang–orang yang Melanggar Larangan Hari Sabtu""

  1. Click on the related button, normally labelled “Register” or “Join Now”. At this 메리트카지노 level, it might be that gamers should choose in to obtain bonuses. Having accomplished so, settle for the casino’s T&Cs and verify your account via e mail. With three matching symbols being required to win, such games are increasingly in style.

    ReplyDelete