Kisah Islami : Kisah Luqman dan Anaknya Pergi ke Pasar

Luqman al-Hakim merupakan seseorang yang namanya disebutkan di dalam Al-Qur’an yaitu pada surat Luqman.

Dia memiliki nama panjang Luqman bin Unaqa bin Sadun, dan terkenal akan nasihat-nasihatnya terhadap anak-anaknya.

Di dalam sebuah riwayat dikisahkan bawha pada suatu hari Luqman al-Hakim bersama dengan anaknya sedang pergi ke pasar dengan menunggangi seekor keledai.

Ketika itu Luqman al-Hakim sedang menunggangi keledai sedangkan anaknya berjalan mengikuti dari belakang.

Melihat tingkah laku Luqman al-Hakim dan anaknya itu, ada orang yang berkata, “Lihat itu ada orang tua yang tidak kasihan terhadap anaknya, dia enak-enakan duduk menunggangi keledainya tapi anaknya dia suruh untuk berjalan kaki mengikutinya”.

Setelah mendengar gunjingan dari orang-orang maka Luqman al-Hakim turun dari tunggangannya lalu anaknya diletakkan untuk menaiki dan menunggani keledai yang mereka bawa, dan kemudian mereka melanjutkan perjalanannya.

Sesaat kemudian, orang-orang kembali menggunjingnya, mereka berkata, “Lihat itu ada anak yang kurang ajar, orang tuanya disuruh jalan kaki sedangkan anak itu enak-enakkan duduk menunggangi keledai”.

Mendengar gunjingan orang-orang, maka Luqman al-Hakim naik ke keledai dan bersama-sama dengan anaknya menunggangi keledai yang mereka bawa tersebut.

Sesaat kemudian, orang-orang kembali lagi menggunjingnya, mereka berkata, “Lihatlah ada dua orang yang menunggangi seekor keledai, kelihatannya keledai itu sangat amat tersiksa karena membawa beban kedua orang itu, sungguh sangat kasihan”.

Mendengar perkataan dari orang-orang, lalu Lukman al-Hakim dan anaknya turun dari keledainya, kemudian Luqman al-Hakim beserta anaknya melanjutkan perjalanan dengan menuntun keledainya”.

Tak lama, terdengar kembali oleh Luqman al-Hakim perkataan orang-orang, “Lihat ada dua orang yang berjalan kaki, dan keledainya tidak mereka naiki lantas untuk apa mereka membawa keledai kalau tidak ditunggangi”.

Ketika kembalinya dari pasar menuju kerumah, Luqman al-Hakim menasehati anaknya tentang sikap orang-orang tadi, “Sesungguhnya kita tidak akan pernah lepas dari gunjingan orang lain”.

“Lalu bagaimanakah kita menanggapinya ayah?”, tanya anaknya kepada ayahnya Luqman al-Hakim.

“Orang-orang yang berakal tidak akan mengambil pertimbangan melainkan hanya kepada Allah SWT. Barang siapa yang mendapatkan petunjuk kebenaran dari Allah SWT, itulah yang menjadi pertimbangannya dalam mengambil setiap keputusan”, jawab Luqman al-Hakim.

Kemudian Luqman al-Hakim, melanjutkan nasihatnya, “Hai anakku, carilah rejeki yang halal supaya kamu tidak menjadi seorang yang fakir, sesungguhnya orang yang fakir itu akan tertimpa tiga perkara yaitu tipis keyakinan imannya tentang agamanya, lemah akalnya dan hilangnya kemuliaan hatinya. Lebih dari sekedar tiga perkara itu, orang-orang yang suka merendah-rendahkan dan menyepelekannya”.

0 Response to "Kisah Islami : Kisah Luqman dan Anaknya Pergi ke Pasar"

Post a Comment