Contoh Pidato Singkat tentang Pentingnya Menuntut Ilmu

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SMA N 4
Yang saya hormati pula Bapak dan Ibu Guru serta Karyawan Sekolah
Dan yang saya banggakkan siswa siswi ku semua hadir di tempat ini.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat dan berkah-Nya kepada kita semua sehingga kita semua dapat hadir ditempat ini dalam keadaan sehat.

Tak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membebaskan kita dari jaman jahiliyah ke jaman yang penuh dengan rahmat.

Pada kesempatan kali ini Bapak akan membahas sedikit tentang pentingnya menuntut ilmu.

Dalam hal belajar dan menuntut ilmu, Allah SWT telah memerintahkan kepada kita semua agar selalu mencari dan menuntut ilmu setinggi-tingginya.

Sebagaimana wahyu pertama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi kita Muhammad SAW yaitu “IQRA” yang artinya bacalah.

Sehingga wajib bagi kita yang mengaku sebagai seorang muslim untuk selalu mencari ilmu dimanapun dan kapanpun.

Belajar untuk mendapatkan ilmu dan kemudian ilmu tersebut kita manfaatkan untuk kebaikan merupakan perintah Allah SWT untuk menjadikan kita semua sebagai makhluk yang berbudi pekerti yang baik.

Dengan memiliki ilmu yang bermanfaat kita akan mendapatkan derajat yang lebih tinggi dari orang lain yang tidak berilmu.

Sesungguhnya ilmu itu dapat menghantarkan kita bahagia dunia dan akhirat, karena untuk mendapatkan nikmat dan bahagia dunia hanya dengan ilmu dan sebaliknya untuk mendapatkan nikmat dan bahagia di akhirat kelak juga dengan ilmu.

Karena ilmu itu juga yang membedakan kita sebagai manusia dengan hewan. Janganlah kita sebagai manusia sama dengan hewan yang tidak berilmu sehingga tidak dapat membedakan mana yang baik dan mana yang tidak, serta mana yang benar dan mana yang salah.

Maka selagi kalian masih ada waktu, selagi kalian masih diberikan kesempatan maka manfaatkanlah waktu ini dengan belajar sungguh-sungguh. Tak ada yang tidak bisa selagi kita terus berusaha.

Jangan pernah merasa gagal sebelum mencoba dan jangan pernah menyerah jika pernah gagal satu kali.

Demikianlah yang dapat Bapak sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga membawa banyak manfaat bagi kita semua dan apabila ada salah kata dari Bapak, Bapak mohon maaf sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0 Response to "Contoh Pidato Singkat tentang Pentingnya Menuntut Ilmu"

Post a Comment