Pengertian dan Tata Cara Sujud Syukur

Syukur berarti bentuk terima kasih kita kepada Allah SWT. Sedangkan sujud syukur merupakan sujud yang dilakukan seseorang ketika dia mendapatkan kenikmatan dari Allah SWT atau terhindar dari bencana dan bahaya sehingga untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah maka seseorang tersebut melakukan sujud syukur.

Ketika kita bersyukur dengan cara melakukan sujud syukur, ekspresi rasa syukur kita tidak hanya terucap dalam lisan saja, namun juga terlihat dalam tindakan berupa sujud.

Adapaun hukum melakukan sujud syukur adalah sunnah, sebagaimana telah dijelaskan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW :

Artinya “Dari Ali Bakrah : Sesungguhnya apabila datang kepada Nabi Muhammad SAW sesuatu yang menggembirakkan atau kabar gembira maka beliau langsung melakukan sujud syukur kepada Allah SWT.” (H.R. Abu Dawud dan Tirmizi).

Dari hadits di atas telah jelas bahwa Rasulullah SAW telah menyuruh kita untuk melakukan sujud syukur sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap nikmat dari Allah SWT.

Sebab-sebab sujud syukur
Adapun sebab-sebab melakukan sujud syukur antara lain :

1. Mendapatkan nikmat dari Allah SWT
Apabila kita mendapatkan suatu kenikmatan atau sebuah kabar gembira maka seketika itu kita dianjurkan langsung melakukan sujud syukur tanpa menunda-nundanya. Misalnya ketika mendapatkan suatu rejeki yang tidak terduga maka kita dianjurkan atau disunnahkan melakukan sujud syukur.

2. Terhindar dari bahaya
Apabila kita terhindar dari bahaya atau bencana yang ketika itu terjadi maka segeralah melakukan sujud syukur tanpa menunda-nundanya. Misalnya ketika terjadi bencana gempa bumi, dan kita terhindar serta selamat dari bencana tersebut maka di saat itu juga kita disunnahkan untuk segera melakukan sujud syukur.

Tata cara melakukan sujud syukur
Sebenarnya tata cara untuk melakukan sujud syukur sangatlah mudah untuk dilakukan. Adapun tata cara untuk melakukan sujud syukur antara lain sebagai berikut :
1. Menghadap arah kiblat
2. Berniat untuk melakukan sujud syukur
3. Takbir
4. Bersujud seperti sujud dalam sholat pada umumnya dengan membaca doa sebagai berikut :
Artinya “Mahasuci Allah dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah dan tiada kekuatan serta daya upaya kecuali atas ijin dari Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Suci.”
5. Duduk kembali
6. Salam

Hikmah sujud syukur
Adapun hikmah yang dapat diambil ketika kita melakukan sujud syukur adalah sebagai berikut :
  1. Seseorang yang mendapatkan nikmat dan kelebihan dari Allah SWT, apabila seseorang tersebut tidak berhati-hati maka dia dapat lupa diri sehingga dia akan memiliki sifat angkuh atau sombong. Orang yang senantiasa melakukan sujud syukur ketika mendapatkan nikmat dari Allah SWT maka dia akan terhindar dari sifat angkuh atau sombong tersebut.
  2. Orang yang senantiasa melakukan sujud syukur maka dia akan senantiasa merasa dekat dengan Allah SWT sehingga orang tersebut akan memperoleh hidayah dan bimbingan dari Allah SWT.
  3. Orang yang melakukan sujud syukur akan memperoleh kesenangan dan kepuasan batin berkaitan dengan anugrah yang telah diberikan oleh Allah SWT.
  4. Orang yang melakukan sujud syukur akan mendapatkan tambahan nikmat dari Allah SWT dan dia akan selamat dari siksa Allah SWT.

0 Response to "Pengertian dan Tata Cara Sujud Syukur"

Post a Comment