Pengertian Ukhuwah, Macam-Macam Ukhuwah dan Manfaat Ukhuwah

Kata ukhuwah berasal dari bahasa arab yang memiliki kata dasar akh yang artinya saudara sehingga ukhuwah dapat diartikan sebagai persaudaraan.

Persaudaraan sendiri artinya adalah adanya perasaan simpati dan empati antar sesama manusia, masing-masing pihak memiliki perasaan yang sama baik saat suka maupun duka.

Jalinan perasaan yang sama ini akan menimbulkan rasa ingin membantu apabila ada salah satu pihak yang mengalami kesulitan dan rasa ingin berbagi apabila salah satu pihak mendapatkan kebahagiaan.

Ukhuwah sendiri dibagi menjadi tiga macam yaitu ukhuwah islamiyah, ukhuwah insaniyah dan ukhuwah wathoniyah.

Ukhuwah islamiyah
Ukhuwah islamiyah atau persaudaraan di dalam islam bukan hanya semata-mata sebatas hubungan persaudaraan karena faktor keturunan namun ikhuwah islamiyah adalah persaudaraan yang diikat dengan tali aqidah (sesama muslim).

Dasar hukum ukhuwah islaminya telah dijelaskan dalam Al-Qur’an pada surat Al-Hujurat ayat 10 di bawah ini :

Artinya “Sesungguhnya setiap mukmin itu bersaudara karena itu damaikanlah kedua saudara kalian dan bertakwalah kepada Allah agar kalian mendapatkan rahmat.”

Selain itu, juga dijelaskan pada Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 103 di bawah ini :

Artinya “Dan berpegang tegulah kamu sekalian dengan tali (agama) Allah dan janganlah kamu sekalian terpecah belah dan ingatlah atas nikmat Allah kepada dahulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu lalu menjadilah kamu atas nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara. Dan kamu telah berada ditepi jurang neraka lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikian Allah menerangkan ayat-ayat Nya kepadamu, agar kamu mendapatkan petunjuk.”

Ukhuwah insaniyah
Ukhuwah insaniyah merupakan persaudaraan yang terjalin antara umat manusia tanpa membedakan ras agama, suku dan budaya. Persaudaraan ini terjalin tanpa ada batasan negara dan wilayah tempat manusia itu tinggal.

Ukhuwah wathoniyah
Ukhuwah wathoniyah merupakan persaudaraan yang diikat oleh rasa nasionalisme. Rasa persaudaraan ini terjalin karena sesama warga negara atau setanah air dan tanpa membeda-bedakan suhu, adat, bahaya dan budaya.

Baik rasa persaudaraan antar sesama muslim, antar sesama warga negara atau sesama manusia di dunia harus ditumbuhkan karena dengan memiliki rasa persaudaraan ini maka akan memberikan manfaat kembali kepada diri kita sendiri. Adapun manfaat persaudaraan atau ukhuwah ini antara lain :
  1. Menumbuhkan rasa empati dan simpati terhadap saudara-saudara kita baik saudara sesama muslim, saudara sesama bangsa dan saudara sesama manusia.
  2. Menumbuhkan rasa tolong menolong terhadap saudara yang mengalami kesulitan.
  3. Menumbuhkan tenggang rasa sesama manusia sehingga antara manusia satu dan lainnya tidak akan berbuat zholim.
  4. Terciptanya solidaritas antar sesama muslim, tercipta persatuan dan kesatuan bangsa dan tercipta kerukunan antar umat manusia didunia.

Untuk meningkatkan rasa ukhuwah antar sesama manusia maka dapat dilakukan dengan cara :
Membiasakan saling bertegur sapa antar sesama
Ketika kalian bertemu dengan orang lain maka biasakanlah untuk bertegur sapa dapat dengan mengucapkan salam “Assalamu’alaikum” (bagi sesama muslim) atau selamat pagi, selamat siang, selamat malam atau apa kabar. Dengan membiasakan diri untuk bertegur sapa maka kita akan menjadi lebih akrab.

Meningkatkan silahturahmi antar sesama
Silaturahmi merupakan kegiatan menyambung kekerabatan atau persaudaraan antar sesama. Dengan meningkatkan silaturahmi berarti kita telah menyambung tali persaudaraan terhadap sesama, namun dengan memutus silaturahmi maka kita juga telah memutus tali persaudaraan kita.

Menjauhi prasangka buruk terhadap sesama
Untuk meningkatkan rasa persaudaraan kita maka jauhilah berprasangka buruk terhadap orang lain karena dengan kita selalu berprasangka buruk terhadap orang lain, selain akan memutuskan tali persaudaraan juga akan membuat dosa.

Sebagaimana telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an oleh Allah SWT dengan firmannya :

Artinya “Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka (kecurigaan) itu merupakan dosa. Dan janganlah kamu mencari-cari keburukan orang lain dan janganlah kamu menggunjingkan satu sama lain. Adakah diantara kamu yang suda memakan daging saudaramu yang sudah mati? Tentu kamu akan merasa jijik kepadanya. Maka bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat dan Maha Penyanyang.” (Q.S. Al-Hujurat :12)

Menjauhi perdebatan dengan sesama
Sesungguhnya menjauhi perdebatan akan menumbuhkan sifat mahabbah (saling mencintai) dan persahabatan. Namun apabila tumbuh perdebatan antar sesama maka akan menghilangkan rasa saling mencintai dan persahabatan serta menumbuhkan rasa marah, dendam dan dapat memutuskan tali persaudaraan.

Saling memaafkan sesama
Setiap dari manusia pasti pernah melakukan salah, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya “Setiap keturunan Adam (manusia) pasti pernah melakukan kesalahan dan sebaik-baik manusia yang bersalah adalah dia (manusia) yang melakukan bertaubat.” (H.R. Ibnu Majah)

Oleh sebab itu, sikap saling memaafkan akan menambah rasa persaudaraan, namun apabila sikap saling memaafkan ini tidak dimiliki maka akan menumbuhkan rasa dendam dan permusuhan.

0 Response to "Pengertian Ukhuwah, Macam-Macam Ukhuwah dan Manfaat Ukhuwah"

Post a Comment