Pidato Tentang Peran Pemuda Sebagai Pemimpin Masa Depan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak/ Ibu Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak/ Ibu Guru
Yang saya hormati seluruh Karyawan Sekolah
Dan yang saya banggakan, siswa siswi ku semua

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan karunianya kepada kita semua yang hadir di tempat ini sehingga kita dapat berkumpul bersama-sama di tempat ini dengan keadaan sehat wal’afiat.

Shalawat serta salam senantiasa tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya serta orang-orang yang mengikutinya.

Pemuda memiliki peran yang sangat strategis dalam kemajuan bangsa dan negara. Baik buruknya suatu bangsa negara dapat dilihat dari kualitas pemudanya, karena pemuda merupakan harapan untuk menjadi seorang pemimpin di masa depan.

Pada jaman dahulu telah terbukti bahwa perkembangan sejarah bangsa kita negara Indonesia tidak lepas dari peran pemuda-pemudanya. Sebagai contoh, para pemudalah yang mendesak presiden pertama kita Ir. Soekarno agar segera memproklamasikan kemerdekaan negara Indonesia. Selain itu, para pemudalah yang mengawali terjadinya konres pemuda yang menghasilkan sumpah pemuda di dalamnya untuk mempersatukan pemuda-pemuda di seluruh nusantara dan masih banyak lainnya peran pemuda dalam perkembangan sejarah bangsa ini.

Oleh sebab itu, tidak salah apabila pemuda dijadikan harapan untuk menjadi seorang pemimpin di masa depan nanti.

Pemimpin merupakan seseorang yang memiliki kemampuan yang lebih pada suatu bidang tertentu sehingga orang tersebut dapat mempengaruhi orang lain untuk bersama-sama melakukan kegiatan atau aktifitas tertentu demi mencapai suatu tujuan.

Seorang pemimpin harus memiliki beberapa sifat, diantaranya adalah :
  1. Loyality yaitu pemimpin yang memiliki jiwa yang loyal dan mampu membangkitkan loyalitas dari rekan-rekannya.
  2. Educate yaitu pemimpin harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih sehingga mampu mengedukasi rekan-rekannya.
  3. Advice yaitu pemimpin yang dapat memberikan saran dan nasehat apabila ditemui sebuah masalah sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan dengan baik.
  4. Discipline yaitu pemimpin harus memiliki sikap disiplin sehingga sikapnya nantinya bisa dijadikan contoh teladan bagi rekan-rekannya.

Untuk dapat mewujudkan mimpi menjadikan pemuda sebagai pemimpin di masa depan maka pemuda harus memiliki karakter yang kuat, memiliki kepribadian yang tinggi, memiliki semangat nasionalisme yang tinggi, memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang baik dan dapat bersaing di era global ini.

Untuk dapat memiliki semua itu maka niat dan kesungguhan ingin belajar harus ditanamkan sejak dini. Belajar menjadi satu-satunya cara untuk dapat meningkatkan aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Di usia dini kita sudah diajarkan dilingkungan keluaga, orang tua sudah mendidik kita diusia ini untuk sebagai bekal menjadi pribadi yang lebih baik nantinya. Beranjak dewasa, kita belajar di lingkungan sekolah, bapak dan ibu guru senantiasa memberikan kita pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal kita di masa depan nanti. Kemudian di lingkungan masyarakat kita belajar begaiamana hidup bermasyarakat, bagaimana cara bersosialisasi dengan baik dan bagaimana menjalankan norma-norma yang ada pada lingkungan masyarakat tersebut.

Dengan selalu belajar akan meningkatkan kemampuan diri sebagai bekal menjadi seorang pemimpin yang berkualitas di masa depan nanti untuk mewujudkan bangsa dan negara yang berkemajuan. Sehingga manfaatkanlah usia kalian saat ini untuk banyak belajar sebelum kalian kehilangan kesempatan di usia muda ini.

Siswa siswi ku semua yang saya banggakan, mungkin sedikit itu saja yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Bila ada perkataan yang salah dan tidak berkenan dihati siswa siswi ku semua, saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatianmya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0 Response to "Pidato Tentang Peran Pemuda Sebagai Pemimpin Masa Depan"

Post a Comment