5 Manfaat Beramal Sholeh

Setiap manusia diciptakan untuk selalu taat kepada Allah SWT dan senantiasa tolong menolong antar umat manusia.

Sikap saling tolong-menolong sesama umat manusia ini termasuk dalam amalan sholeh. Setiap perbuatan yang baik yang dilakukan oleh seseorang, hendaknya seseorang tersebut tidak mengharapkan balasan atau pamrih dari tolah yang dia tolong.

Seseorang yang senantiasa selalu beramal sholeh akan selalu mendapatkan banyak manfaat dari amalannya tersebut.
Adapun manfaat bagi manusia yang selalu beramal sholeh antara lain :
1. Diberi ampunan dan pahala dari Allah SWT
Manfaat beramal sholeh yang pertama adalah akan mendapatkan ampunan dan pahala dari Allah SWT, hal ini telah dijelaskan di Al-Qur’an dalam firmannya pada surat Al-Maidah/ 5 : 9 yang artinya adalah “Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman yang mengerjakan amalan sholeh, (bahwa) mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar”.

2. Dihapuskan dosa-dosa yang telah diperbuatnya
Manfaat beramal sholeh yang kedua adalah dihapuskan dosa-dosa yang pernah dia lakukan, hal ini telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an pada surat Al-Ankabut/ 29 : 7 yang artinya adalah “dan orang-rang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, pasti akan kamu hapuskan kesalahan-kesalahannya dan mereka pasti akan kami berikan balasan yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”.

3. Diberi tambahan petunjuk
Manfaat beramal sholeh yang ketiga adalah diberikan tambahan petunjuk, hal ini telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an pada surat Maryam/ 19 : 76 yang artinya adalah “dan Allah akan menambahkan petunjuk kepada mereka yang telah mendapatkan petunjuk, dan amal kebajikan yang kekal itu lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu dan lebih baik kesudahannya”.

4. Dijauhkan dari kerugian di dunia dan akhirat
Manfaat beramal sholeh yang keempat adalah dijauhkan oleh Allah SWT dari segala kerugian di dunia dan di akhirat, hal ini telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an pada surat Al-‘Asr/ 103 : 1 – 3 yang artinya adalah “Demi masa. Sesungguhnya manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran”.

5. Diberikan kehidupan yang baik dan layak
Manfaat beramal sholeh yang kelima adalah diberikan oleh Allah SWT kehidupan yang baik dan layak, hal ini telah dijelaskan di dalam Al’Qur’an pada surat An-Nahl/ 16 :97 yang artinya adalah “Siapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang bai dan akan Kami berikan balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”.

0 Response to "5 Manfaat Beramal Sholeh"

Post a Comment