Pidato Pentingnya Menjaga Kebersihan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kita semua yang hadir disini kenikmatan berupa kesehatan jasmani dan rohani.

Ucapan terima kasih tak lupa saya ucapkan kepada rekan-rekan guru serta karyawan dan anak-anakku semua yang saya banggakan.

Kebersihan merupakan suatu hal yang pastinya kita inginkan, karena ada sebuah hadist yang mengatakan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Jadi jika kalian semua beriman maka harus wajib menjaga kebersihan.

Menjaga lingkungan tetap bersih akan memberikan banyak manfaat bagi kita semua, manfaat-manfaat tersebut antara lain :

Pertama, lingkungan yang bersih dapat menjauhkan kita semua dari sumber-sumber penyakit, karena sumber penyakit tidak akan berkembang dilingkungan yang bersih.

Kedua, akan membuat suasana yang nyaman dan menyenangkan. Bayangkan saja bila ada sampah bekas bungkus makanan dibuang disembarang tempat, tentu saja siapa yang melihatnya akan merasa tidak menyenangkan, suasana terasa kotor, apalagi bila sampah tersebut ada sisa makanannya dan telah ditingkalkan beberapa hari maka akan timbul bau. Tentu saja bau tersebut akan membuat kita menjadi kurang nyaman.

Ketiga, bencana dapat ditimbulkan karena sampah. Sampah yang dibuang sembarangan akan mengganggu ekosistem dari alam, misalnya kalian semua buang sampah disungai maka sampah yang akan terbuang kesungai akan banyak sekali jumlahnya. Sampah disungai ini dapat mengganggu aliran air sungai, dan nantinya karena alirannya terganggu maka akan berakibat terjadinya luapan air sungai. Jika air sungai meluap maka akan terjadi banjir.

Sehingga jika kalian sudah tahu manfaat dari pentingnya menjaga kebersihan, kemudian apa yang akan kalian lakukan untuk menjaga lingkungan menjadi bersih?

Hal yang paling kecil yang dapat kita lakukan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih yaitu dengan membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya.

Tempat kita telah menyediakan banyak tempat sampah di setiap sudutnya, sehingga tidak ada alasan bagi kalian untuk membuang sampah tidak pada tempatnya karena alasan yang jauh atau tidak ada tempat sampah.

Saya sekali lagi berharap kepada siswa siswi sekalian, tolong bisakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya.

Mungkin hanya itu saja dari saya yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

1 Response to "Pidato Pentingnya Menjaga Kebersihan"