Sifat-Sifat Malaikat

Malaikat merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah SWT, yang diciptakan untuk meyampaikan sesuatu. Selain iu malaikat juga merupakan utusan-utusan Allah SWT yang diciptakan dari cahaya dengan memiliki wujud dan memiliki sifat-sifat tertentu.

Sifat-sifat dari malaikat yaitu :

Menampakkan dalam bentuk manusia
Sifat malaikat yang pertama adalah malaikat dapat menampakkan diri berbentuk manusia. Beberapa ayat di dalam Al-Qur’an menjelaskan bahwa Allah SWT mengutus malaikat degan berwujud manusia, diantara ayat di dalam surat pa Qur’an yang merangkan bahwa Allah SWT mengutus malaikat daam wujud manusia adalah pada surat Maryam (19 : 17) yang artinya adalah “Maka dia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka, lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka dia menjelma dihadapannya (daam bentuk) manusia yang sempurna”.

Selain itu pada Al-Qur’an surat Hud (11 : 77 - 78) yang artinya adalah “Dan tatkala utusan-utusan Kami (para malaikat) itu kepada Luth, dia merasa susah dan merasa sempit dadanya karena kedatangan mereka, dan dia berkata “Ini adalah hari yang mat sulit”. Dan datanglah kepadanya kaumnya dengan bergegas-gegas. Dan sejak dahulu mereka selalu melakukan perbuatan-perbuatan yang keji. Luth berkata “Hai kaumku, inilah puteri-puteriku, mereka lebih suci bagimu, maka bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu mencemarkan (nama) ku terhadap tamuku ini. Tidak adakah diantaramu seorang yang berakal?”.

Juga pada Al-Qur’an surat Al-Dzariyat (51 : 24 - 27) yang artinya adalah “Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tentang tamu Ibrahim (yaitu malaikat-malaikat) yang dimuliakan? (Ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan “Salaamun”, Ibrahim menjawab “Salaamun (kamu) adalah orang-orang yang tidak dikenal”. Maka dia pergi dengan diam-diam menemui keluarganya, kemudian dibawanya daging anak sapi gemuk. Lalu dihidangkannya kepada mereka, Ibrahim lalu berkata “Silahkan anda makan”.

Tanpa jenis kelamin
Sifat malaikat yang kedua adalah malaikat tidak memiliki jenis kelamin. Hal ini telah dijelaskan dalam firman All SWT pada Al-Qur’an surat As-Shaffat (37 : 150) yang artinya adalah “Atau apakah Kami meciptakan malaikat-malaikat berupa perempuan dan mereka menyaksikannya?”.

Tidak pernah melakukan perbuatan dosa dan maksiat
Sifat malaikat yang ketiga adalah malaikat tidak pernah melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang Allah SWT, hal ini dijelaskan dalam firman Allah pada Al-Qur’an surat An-Nahl (16 : 50) yang artinya adalah “Mereka takut kepada Tuhan mereka yang diatas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan kepada meraka”.

Selalu beribadah
Sifat malaikat yang keempat adalah malaikat selalu senantiasa beribadah dan melaksanakan segala hal yang diperintahkan Allah SWT. Berbeda dengan manusia dan jin, malaikat diciptakan oleh Allah SWT hanya untuk  beribadah kepada Allah SWT dengan bertasbih  dan memuji Tuhan Nya secara terus menerus tanpa merasa lelah. Di dalam Al-Qur’an dijelaskan pada surat Al-Anbiya (21 : 20) yang artinya adalah “Mereka selalu bertasbih malam dan siang hari tiada henti-hentinya”.

Tidak makan dan tidak minum
Sifat malaikat yang kelima adalah malaikat tidak makan dan tidak minum. Malaikat tidak dikaruniai oleh Allah SWT hawa nafsu sehingga mereka tidak makan dan tidak minum. Telah dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Adz-Dzariat (511 : 28) yang artinya adalah “Tetapi mereka tidak mau makan, karena itu Ibrahim merasa takut terhadap mereka”.

Memiliki sayap
Sifat malaikat yang keenam adalah malaikat memiliki sayap, hal tersebut telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an surat Fathir (35 : 1) yang artinya adalah “Segala puji bagi Allah pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing ada yang dua, tiga da empat”.

0 Response to "Sifat-Sifat Malaikat"

Post a Comment