Pengertian Amal Sholeh dan Amal Sayyi'ah

Kita sering mendengar kata amal sholeh ditelinga kita, tapi tahukah kalian apa itu amal sholeh? Selain amal sholeh ada amal sayyi'ah, mungkin kita jarang mendengar amalan sayyi'ah, sehingga sudah tahukah kalian apa itu amal sayyi'ah?

 Amal sholeh merupakan segala sesuatu perbuatan yang dilakuka oleh manusia yang memiliki manfaat baik bermanfaat bagi dirinya sendiri ataupun bermanfaat bagi orang lain, serta amalan sholeh ini harus sesuai dengan akal, rasional, Al-Qur’an dan Al-Hadist.

Allah SWT telah memerintahkan kita semua selaku umat muslim untuk senantiasa melakukan dan mengerjakan amal sholeh, hal ini telah dijelaskan melalui firman Nya pada Qur’an surat An-Nisa’ (4 : 124) yang artinya adalah “Barangsiapa yang mengerjakan amalan sholeh baik laki-laki maupun perempuan sedangkan dia orang yang beriman, maka mereka akan masuk ke dalam Al Jannah dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun”.

Hal ini juga dijelaskan pada Qur’an surat An-Nahl (16 : 97) yang artinya adalah “Barangsiapa yang mengerjakan amalan sholeh baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang bahagia”.

Kunci utama untuk mengerjakan amalan sholeh adalah ikhlas dan niatkan hanya mengharap ridho dari Allah SWT dan tidak mengharapkan pamrih atau balasan dari orang yang telah dia tolong.

Sebesar apapun amalan kita, namun tidak dilandasi niatan ikhlas karena Allah SWT maka amalan yang telah kita lakukan tidak akan ada nilainya dihadapan Allah SWT, namun sebaliknya sekecil apapun amalan sholeh yang kita kerjakan dan diniatkan ikhlas karena Allah SWT maka akan lebih baik dan bernilai di hadapan Allah SWT.

Janganlah kalian takut untuk mengerjakan amalanl sholeh walaupun hanya sekecil mungkin dan janganlah kalian mengolok-olok seseorang yang mengerjakan amalan sholah karena amalan sholeh yang dia kerjakan hanya kecil.

Besar kecilnya nilai dari amalan yang kita kerjakan, tidak dapat diukur dari besar kecilnya amalan yang kita kerjakan, namun diukur dari niat dan keikhlasan kita dalam melakukan amalan sholeh dan hanyalah Allah SWT yang dapat mengetahui tingkat keikhlasan kita dalam beramal.

Nabi Muhammad SAW bersabda “Dari Abu Dzar Jundub Bin Junadah r.a. berkata Nabi S.A.W. bersabda kepadaku janganlah sekali-kali kamu mencemooh (mengolok-olok) perbuatan baik seberapa pun kecilnya, walaupun perbuatan baik itu hanya berupa penyambutan terhadap saudara dengan muka yang berseri-seri” (H.R. Muslim).

Dalam hadist diatas dapat diambil kesimpulan bahwasanya perbuatan sekecil mungkin misalnya bila kita bertemu dengan saudara kita (baik saudara kandung maupun saudara seiman) dan kita memperlihatkan wajah yang berseri dan tersenyum, hal tersebut sudah termasuk dalam amalan sholeh.

Kebalikan dari amalan sholeh adalah amalan sayyi’ah, yaitu amalan yang mendatangkan kemudaratan (keburukan) baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Sungguh betapa buruknya seseorang yang melaksanakan amalan sayyi’ah ini, hidup di dunia hanyalah sementara, kita hidup didunia untuk mencari bekal kelak dikehidupan yang lebih kekal yaitu kehidupa diakhirat.

Sekecil amalan kita, baik maupun buruk akan selalu ada balasannya. Allah SWT selalu memberikan balasan yang adil terdahap segala perbuatan kita. Hal ini sesuai dengan firman Nya dalam Qur’an surat Az-Zalzalah (99 : 7 – 8) yang artinya adalah “Maka barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat balasannya. Dan barangsiapa yang mengerjakan keburukan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat balasannya”.

Semoga kita semua dijauhkan dari perbuatan mengerjakan amalan sayyi’ah dan senantiasa dapat melaksanakan amalan sholeh dengan niatan ikhlas karena Allah SWT.

0 Response to "Pengertian Amal Sholeh dan Amal Sayyi'ah"

Post a Comment