Contoh Pidato Tentang Kenakalan Remaja

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yang saya hormati Bapak/ Ibu Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak/ Ibu Guru dan Karyawan Sekolah
Dan yang saya banggakan, siswa siswi sekalian

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita semua yang hadir disini nikmat dan karunianya sehingga kita dapat berkumpul bersama-sama di tempat ini.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad SAW yang telah menuntun kita semua dari jaman kegelapan menuju jalan yang penuh rahmat ini.

Kita tahu, bahwasanya sampai pada hari ini banyak sekali terjadi yang namanya kenakalan remaja. Berbagai tindakan yang menyimpang dan bernilai negatif mereka lakukan dan mereka anggap itu adalah hal-hal yang sudah biasa dan justru ada yang menganggap hal yang mereka lakukan merupakan kebanggaan mereka.

Mereka mengatakan bahwa pada fase remaja memang biasa melakukan kenakalan kalau tidak melakukan kenakalan mereka anggap remaja banci. Tentu hal tersebut sangatlah tidak benar.

Kenakalan remaja yang saat ini sangat sering terjadi dapat disebabkan dengan berbagai faktor. Yang pertama bisa karena mereka salah dalam bergaul atau memilih teman.

Ibarat kalian bergaul dengan penjual minyak wangi dan pandai besi. Bila kalian bergaul dengan penjual minyak wangi maka kalian akan mendapatkan bau yang harum juga, namun bila kalian bergaul dengan pandai besi maka bisa jadi percikkan apinya dapat mengenai bajumu dan kalaupun tidak kalian akan terkena asapnya yang berbau tak sedap.

Sehingga bila kalian bergaul dengan orang baik maka kalian akan menjadi baik juga atau minimal kalian mendapati kebaikan teman kalian. Namun bila kalian bergaul dengan orang buruk maka kalian akan menjadi buruk juga atau kalian akan mendapatkan keburukan dari teman kalian.

Oleh sebab itu, pandai-pandailah kalian dalam bergaul. Dekati orang yang baik dan jauhilah orang yang akan membawa keburukan untuk kalian.

Faktor yang kedua bisa karena orang tua yang tidak pernah memperhatikan anaknya karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya.

Anak yang tidak pernah diperhatikan orang tua akan cenderung mencari sesuatu yang bisa membuat mereka diperhatikan.

Sadarilah siswa siswiku sekalian, walaupun orang tua kalian tidak mengajarkan kalian secara penuh agar kalian menjadi orang yang baik, namun bapak yakin bahwasanya orang tua kalian sangat menginginkan yang terbaik bagi kalian. Orang tua kalian percaya bahwa kalian mampu memilih mana yang baik dan mana yang tidak baik.

Orang tua kalian akan sangat bangga bila kalian menjadi orang yang berhasil nantinya. Oleh sebab itu janganlah kalian melakukan hal-hal yang menyimpang di masa-masa remaja ini. Teruslah belajar menuntut ilmu dengan rajin dan insyaallah kalian akan sukses di masa yang akan datang.

Mungkin yang sedikit itu yang dapat bapak sampaikan semoga menjadi perhatian bagian nanda siswa siswi ku semuanya. Kurang lebihnya bapak mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0 Response to "Contoh Pidato Tentang Kenakalan Remaja"

Post a Comment