Pidato Apel Tentang Pergaulan Bebas

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yang saya hormati Bapak/ Ibu Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak/ Ibu Guru dan Karyawan Sekolah
Dan yang saya hormati pula, bapak ibu orang tua wali sekalian

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita semua yang hadir disini nikmat dan karunianya sehingga kita dapat berkumpul bersama-sama di tempat ini.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad SAW yang telah menuntun kita semua dari jaman kegelapan menuju jalan yang penuh rahmat ini.

Telah kita ketahui bersama, masalah pergaulan bebas mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Pada masa anak-anak tumbuh dewasa dan menginjak pada usia remaja, pada usia remaja ini merupakan masa-masa anak-anak mencari identitas yang baru. Pada masa ini sangatlah rawan bagi anak usia remaja dalam melakukan pergaulan, bila mereka salah bergaul dalam pergaulan yang salah maka mereka akan sangat mudah untuk ikut terpengaruh.

Pergaulan bebas dapat merusak anak-anak kita, mereka dapat terjerumus pada hal-hal yang negatif misalnya mengkonsumsi minuman-minuman beralkohol, mengkonsumsi obat-obatan terlarang dan yang sangat menngkuatirkan adalah terjadi hubungan yang dilarang antar lawan jenis. Oleh karena itu, pergaulan bebas harus sama-sama kita cegah. Untuk mencegah terjadinya pergaulan bebas maka kita harus tahu faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pergaulan bebas pada anak.

Sebab-sebab terjadinya anak-anak salah dalam bergaul dapat disebabkan karena beberapa faktor, yaitu :
Yang pertama karena faktor keluarga. Faktor keluarga merupakan faktor yang utama karena keluarga merupakan pendidikan pertama bagi anank-anak kita. Anak yang kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang keluarga maka mereka akan cenderung mencari perhatian diluar sana. Bentuk mereka mencari perhatian bisa dengan cara melakukan hal-hal negatif. Oleh sebab itulah selalu perhatikan anak-anak kita tidak peduli dengan banyaknya pekerjaan kita sebagai orang tua.

Faktor yang kedua karena kurangnya pengetahuan tentang agama. Agama telah mengatur hidup kita untuk melakukan hal-hal baik dan menghindari hal-hal yang kurang baik. Jika pengetahuan tentang agama pada anak-anak kita kurang maka sudah tentu mereka tidak akan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Oleh sebab itu, selalu bekali anak kita dengan ilmu agama yang baik.

Faktor yang ketiga karena  pengaruh lingkungan sekitar. Bila anak-anak kita bergaul pada lingkungan baik maka kita tidak perlu cemas mereka akan bertindak negatif, namun bila lingkungan mereka bergaul itu kurang baik, sudah tentu anak-anak kita pasti akan terbawa atau terpengaruh.

Faktor yang keempat karena penggunaan media internet yang salah. Interner dewasa ini sudah menjadi suatu kebutuhan bagi kita semua. Apabila anak-anak kita salah dalam memanfaatkan internet maka internet dapat merusak anak-anak kita, namun bila internet dapat di manfaatkan dengan baik, maka internet akan membawa dampak baik bagi anak-anak kita. Karena apa? Karena di internet segala sesuatu dapat dicari dengan mudah. Oleh sebab itu selalu dampingi anak-anak kita ketika mereka mengakses internet.

Bapak-ibu orang tua wali siswa yang saya hormati, pergaulan bebas pada anak-anak kita bisa jadi karena kita yang bersalah karena kita kurang memperhatikan anak-anak kita. Kita selalu sibuk dengan urusan pekerjaan sehingga kita lupa bahwa pentingnya bersosialisasi dengan keluarga.

Sekolah telah mengajarkan semua hal-hal kebaikan ke anak-anak, namun sekali lagi pendidikan yang paling utama adalah keluarga.

Mungkin sedikit itu yang dapat saya sampaikan, bila ada salah kata atau kurang berkenannya dihati para hadirin sekalian saya mohon maaf. Sekian dan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0 Response to "Pidato Apel Tentang Pergaulan Bebas"

Post a Comment