Pidato Tentang Penyebab Kegagalan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak/ Ibu Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak/ Ibu Guru
Yang saya hormati seluruh Karyawan Sekolah
Dan yang saya banggakan, nanda siswa siswi ku semua

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan karunianya kepada kita semua yang hadir disini sehingga kita dapat berkumpul bersama-sama di tempat ini dengan keadaan sehat wal’afiat.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi kita Muhammad SAW yang telah menuntun kita semua dari jaman kegelapan menuju jalan yang terang benderang.

Semua orang pasti akan berusaha untuk mewujudkan cita-cita mereka. Namun sebagian dari mereka ada yang berhasil dan sebagian yang lain ada yang gagal. Kepana bisa demikian? Orang yang gagal mungkin tidak mengetahui penyebab kegagalan yang dapat menjauhkan mereka dari keberhasilan. Nah, untuk itulah kalian harus tahu apa saja yang dapat menyebabkan kegagalan.

Berikut hal-hal yang dapat menyebabkan kalian gagal untuk meraih keberhasilan antara lain :

Yang pertama yaitu rasa malas dalam diri. Tidak ada cerita bahwa orang sukses itu berasal dari orang-orang yang malas. Sepintar apapun mereka, bila hanya mengisi waktu dengan bermalas-malasan saja, mereka akan kehilangan kesempatan untuk menjadi sukses.

Yang kedua yaitu sering menunda pekerjaan. Inilah kebiasaan buruk orang indonesia pada umumnya, yaitu sering menunda-nunda pekerjaan. “Iya nanti saja saya kerjakan”, “Ah besok saja masih ada waktu”, dan akhirnya pekerjaan yang harus mereka kerjakan menjadi bertumpuk-tumpuk sehingga hasilnya pun menjadi kurang maksimal. Berbeda jika mereka mengerjakannya tepat waktu, akan ada banyak kesempatan untuk menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik dan hasilnya pun akan lebih baik.

Yang ketiga yaitu mudah menyerah. Kita hidup itu tak akan selalu berhasil ada kalanya kita akan menemui suatu kegagalan. Bila kalian sekali gagal kemudian kalian menyerah maka akhirnya kalian akan kalah. Orang sukses itu tidak peduli berapa banyak mereka telah melakukan kegagalan, tapi dari kegagalan yang mereka temui, mereka jadikan bahan untuk melakukan perbaikan. Sehingga dengan kegagalan, mereka akan tahu apa yang salah, yang bisa membuat mereka gagal.

Yang keempat yaitu sering menggerutu. Orang-orang yang sering kali menggerutu saat menemui banyak masalah dan seolah-olah dialah orang yang paling sulit dan berat hidupnya di dunia. Padahal dengan banyak menggerutu, hal itu tidak akan menyelesaikan masalah yang ada. Sikap tegar merupakan sikap yang tepat, kecewa itu boleh tapi jangan jadikan alasan untuk menjadi gagal. Intropeksi diri kalian agar kalian dapat menemui jalan keluar dari setiap masalah yang ada, bukan hanya suka menggerutu.

Yang kelima yaitu sikap pesimis. Orang-orang yang pesimis sama saja mereka telah kalah sebelum mereka bertanding. Jadilah orang yang percaya diri, percaya akan kemampuan kalian, yakin kan diri kalian bahwa kalian bisa. Buang jauh-jauh sikap pesimis dalam hidup kalian dan tumbuhkan sikap optimis pada diri kalian.

Keberhasilan itu dimulai dari diri kalian, bukan karena orang lain. Percayalah Allah SWT akan memberikan jalan bagi orang-orang yang terus berusaha, karena hasil itu tidak pernah menghianati usaha yang telah dilakukan.

Semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi siswa siswi ku semuanya. Bapak berharap agar kalian semua dapat menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan kalian gagal dalam hidup. Cukup sekian yang dapat bapak sampaikan, bila ada salah kata atau tidak berkenannya di hati siswa siswi ku sekalian, bapak minta maaf.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0 Response to "Pidato Tentang Penyebab Kegagalan"

Post a Comment