Cara Membuat Label Undangan Dengan Microsoft Word

Pada acara pernikahan atau acara lainnya yang menggunakan kartu undangan, maka untuk membuat nama dan alamat yang ditujukan ke orang yang di undang akan ada dua cara yang digunakan yaitu ditulis manual dengan tangan atau diketik dengan komputer.

Menulis dengan diketik komputer akan membuat hasil nama dan alamat orang yang akan diundang menjadi lebih rapi dan lebih baik.

Untuk membuatnya maka yang perlu disiapkan adalah kertas label. Sedangkan untuk membuat nama dan alamat label dapat dilakukan dengan menggunakan microsoft word.

Cara pembuatan label dengan microsoft word dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini (microsoft word yang saya gunakan untuk membuat contoh adalah microsoft word 2010):

1. Siapkan nama dan tempat orang yang akan ditulis di dalam tabel pada microsoft excel. Setelah nama dan tempat sudah siap, kemudian buka microsoft word.

2. Untuk membuat tabel undangan, pilih “mailings” kemudian pilih “labels” kemudian pilih “options” kemudian pilih “new labels”.

3. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, kemudian isi sesuai ukuran label yang akan digunakan.

Keterangan :
  • Label nama = Label nama merupakan nama yang digunakan untuk label baru, isikan label nama dengan nama sesuai dengan keinginan anda.
  • Top margin = Top margin atau margin atas merupakan jarak antara pinggir kertas bagian atas sampai pinggir label ke satu bagian atas, isikan jarak label dari permukaan atas sesuai dengan ukuran kertas label yang akan digunakan.
  • Side margin = Side margin atau margin samping merupakan jarak antara pinggir samping kerta dengan pinggir samping label, isikan side margin sesuai dengan ukuran di kertas label yang akan digunakan.
  • Vertical pitch = Verticl pitch merupakan tinggi label ditambah jarak antara lanel pertama dengan label di bawahnya.
  • Horizotal pitch = Horizontal pitch meruakan lebar label ditambah jarak antara label pertama dengan label sampingnya.
  • Label height = label height merupakan tinggi dari label, isikan ukuran tinggi label sesuai dengan ukuran label yang akan digunakan.
  • Label width = Label width merupakan lebar dari label, isikan ukran lebar label sesuai dengan ukuran label yang akan digunakan.
  • Number across = Number across merupakan jumlah kolom label, isikan jumlah label yang ke samping.
  • Number down = Number down merupakan jumlah baris label, isikan jumlah label yang ke bawah.
  • Page size = Page size merupakan ukuran kertas label yang akan digunakan, lebih baik pilih custom untuk mensetting sendiri ukuran kertas. Isikan page width atau lebar kertas dan page height atau tinggi kertas sesuai dengan ukuran kertas label.

4. Setelah semuanya terisi sesuai dengan ukuran kertas label yang akan digunakan, kemudian klik “Ok”. Kemudian klik "Ok" kembali.

5. Pilh “New Document” maka secara otomatis akan muncul dokumen baru sesuai dengan format label yang telah diisikan.

6. Apabila pada dokumen baru tidak tampil garis (grid) untuk menampilkan ukuran tabel seperti di bawah ini, maka lakukan penyettingan.

7. Klik “Layout” kemudian klik “View Gridlines”. Dan untuk membuat tulisan label ditengah maka klik “Align center”.

8. Setelah itu, untuk memasukkan data yang telah dibuat di microsoft axcel, maka klik “Mailings” kemudian klik “Select Recipients” dan kemudian klik “Use Existing List” dan lalu pilih folder penyimpanan dari data microsoft axcel yang kana digunakan.

8. Pilih sheet microsoft axcel sesuai dengan sheet yang digunakan untuk menulis data. Data yang saya gunakan saya tulis pada sheet kedua sehingga saya pilih sheet kedua.

9. Setelah itu, kli pada label pertama lalu klik “Insert Merge Field” kemudian klik nama (sesuai dengan data axcel, judul untuk data nama orang yang saya undang saya tulis dengan “NAMA” maka saya klik nama) dan di bawah nama tulis kata DI dan setelah nya saya klik lagi “Insert Merge Field dan saya pilih tempat (pada judul alamat data di microsoft axcel saya tulis judul alamat).

11. Setelah selesai dan tampil sesuai dengan gambar di atas maka untuk membuat label pada kolom selanjutnya dilakukan dengan copy dan paste data pada label pertama ke label sampingnya. Klik bagian depan nama lalu pilih “Mailings” lalu pilih “Rules” lalu pilih “Next record” sehingga akan muncul seperti tampilan pada gambar di bawah ini.

12. Copy dan paste data pada kolom kedua ke semua label kecuali pada label pertama.

13. Untuk melihat nama dan alamat telah tampil atau tidak dapat anda lihat dengan cara klik “Mailings” kemudian klik “Preview Result”.

14. Jika sudah benar maka klik “Finish & Merge” kemudian pilih “Edit Individual Document” dan pilih all document lali ok.

15. Maka akan muncul document baru yang telah berisikan semua nama dan alamat sesuai dengan data pada microsoft axcel.

16. Setelah selesai maka label undangan siap untuk di print.

0 Response to "Cara Membuat Label Undangan Dengan Microsoft Word"

Post a Comment