Pidato Apel “Pentingnya Pendidikan Moral”


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak Ibu Guru serta Karyawan Sekolah
Dan yang saya banggakan siswa siswi ku semua

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita semua karunia dan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan tak kurang satu apapun.

Dan yang kedua semoga sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan pengikutnya sampai akhir jaman nanti dan semoga kita semua yang ada disini termasuk di dalamnya, aamiin.

Pendidikan merupakan bagian yang terpenting didalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena tanpa adanya pendidikan maka negara kita akan sangat susah untuk berkembang.

Bangsa yang dikatakan maju dapat dilihat dari tingkat pendidikan bangsanya. Dengan pendidikan bangsa yang telah maju maka negara kita juga akan dapat bersaing dengan negara lain.

Yang perlu diperhatikan, era sekarang ini telah masuk di era globalisasi. Dimana semua budaya asing akan sangat mudah masuk ke dalam negara kita.

Banyak dampak positif dari era globalisasi ini, namun juga banyak memberikan dampak negatif sehingga kita harus berhati-hati agar tidak terseres dalam dampak negatif era globalisasi.

Lihatlah sekarang berita di televisi, banyak terjadinya kasus kriminal, tawuran remaja bahkan pergaulan bebas.

Maka sebab itu pendidikan moral sangatlah penting untuk menjadikan benteng agar kita tidak terjerumus dalam hal-hal yang negatif tersebut.

Sekolah merupakan lembaga pendidikan, dimana kalian sekarang ini belajar disini, namun yang perlu diingat, sekolah kita tidak hanya mengajarkan pendidikan formal tapi juga menekankan pendidikan nor formal seperti pendidikan moral.

Setiap pagi, bapak ibu guru telah menyambut kalian didepan gerbang, kalian datang kesekolah dan kemudian kalian berjabat tangan dengan bapak ibu guru itu adalah upaya sekolah mendidik kalian agar selalu menghormati kepada orang yang lebih tua.

Dan lihatlah disetiap sudut kelas, telah disediakan tempat sampah. Hal itu disediakan untuk melatih kalian agar tidak mebuang sampah sembarangan dan itu juga termasuk di dalam pendidikan moral yang diterapkan sekolah.

Aturan-aturan disekolah itu juga dibuat dalam upaya melatih kalian disiplin dan melatih agar kalian memiliki moral yang baik.

Sehingga marilah mulai dari sekarang kalian belajar untuk menaati segala aturan yang telah diterapkan disekolah, jangan sekali-kali kalian untuk mencoba melanggarnya.

Insya Allah setelah kalian lulus nanti, bukan hanya keterampilan dan pengetahuan saja yang kalian dapatkan, namun ditambah lagi dengan moral yang baik sehingga kalian dapat ikut andil dalam membawa kemajuan bangsa negara kita.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi kita semua, banyak salah saya mohon maaf sebesar-besarnya.


Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0 Response to "Pidato Apel “Pentingnya Pendidikan Moral”"

Post a Comment