Keutamaan Sholat Berjamaah


Sholat merupakan salah satu ibadah yang dilakukan di dalam agama Islam. Sholat sendiri termasuk di dalam rukun islam yang kedua setelah syahadat.

Ibadah sholat 5 waktu yaitu shubuh, zhuhur, ‘ashar, maghrib dan isya’ merupakan ibadah wajib yang harus ditunaikan umat muslim setiap hari, terutama bagi umat muslim yang sudah berumur baligh dan untuk perempuan yang sedang tidak haid.

Apabila umat muslim meninggalkan sholat 5 waktu maka baginya dosa yang akan dia dapat, sehingga dimanapun dan dalam keadaan apapun harus tetap dikerjakan.

Kalau dia tidak dapat mengerjakan sholat dalam keadaan berdiri maka lakukan dengan duduk, dan jika dia tidak dapat mengerjakan sholat dengan duduk maka lakukan dengan berbaring, dan jika dia masih tidak dapat mengerjakan sholat dengan berbaring maka lakukan dengan menggunakan isyarat.

Ibadah sholat dapat dikerjakan sendiri ataupun dengan berjamaah, tapi sholat berjamaah adalah sholat yang paling utama. Bagi seorang laki-laki diharuskan untuk dapat melakukan sholat 5 waktu berjamaah di masjid jika tidak ada suatu yang menghalanginya atau yang mengancam dirinya.

Sebagaimana perintah Allah SWT kepada setiap umat muslim untuk melakukan sholat berjamaah yang di dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 43 yang berbunyi :

Artinya : “Dan dirikanlah Sholat serta tunaikanlah zakat dan ruku’lah bersama orang-orang yang ruku”.

Kebanyakan para ulama menyimpulkan dari ayat di atas bahwa maksud dari perkataan “ruku’lah bersama orang-orang yang ruku” diartikan bahwa umat muslim diharuskan sholat secara berjamaah.

Kelebihan dan keutamaan sholat berjamaah
1. Allah SWT akan melipatkan gandakan pahala bagi mereka yang melaksanakan sholat berjamaah.
Pahala yang akan didapatkan oleh seseorang yang sholat berjamaah akan lebih besar dibandingkan jika dia sholat sendirian.

Dari Abdullah bin Umar r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda :

Artinya “Sholat berjamaah itu lebih utama dari pada sholat sendirian dengan 27 derajat”.

2. Pahala disetiap langkah kakinya
Seseorang yang melangkahkan kaki menuju ke masjid untuk menunaikan ibadah sholat secara berjamaah maka tiap-tiap langkah kakinya akan diberikan pahala.

3. Mendapatkan perlindungan Allah SWT di hari kiamat
Rasulullah SAW bersabda :
Yang artinya : “Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah SWT di bawah naungan-Nya pada hari yang tidak ada satupun naungan selain naungan-Nya yaitu :
  • Iman yang adil
  • Pemuda yang tumbuh di dalam beribadah kepada-Nya.
  • Seseorang yang hatinya selalu terikat di masjid.
  • Dua orang yang saling mencintai karena Allah SWT
  • Seseorang yang takut untuk berzina.
  • Seseorang yang bershodaqoh secara sembunyi-sembunyi.
  • Dan seseorang yang selalu mengingat Allah dakam keadaan sepi (sendiri).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Salah satu golongan dari 7 golongan yang di sebutkan di dalam hadits di atas adalah seseorang yang hatinya selalu terikat dengan masjid yang artinya dia selalu berusaha untuk melaksanakan sholat secara berjamaah di masjid.

4. Menjadikan sebab diampuni dosa-dosanya
Rasulullah SAW bersabda yang artinya “Jika imam mengucapkan Ghoiril maghdhubi’alaihim waladholliin, maka ucapkan aamiin karena sesungguhnya bawang siapa yang mengucapkan aamiin bersamaan dengan ucapan malaikat maka dia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

5. Sholat berjamaah akan terhindar dari gangguan syaitan
Seseorang yang mengerjakan sholat secara berjamaah akan terhindar dari gangguan syaitan, sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW : “Tidaklah tiga orang di suatu desa atau lembah yang tidak didirikan sholat berjamaah di lingkungan mereka, melainkan setan telah menguasai mereka. Karena itu tetaplah kalian sholat berjamaah, karena sesungguhnya srigala itu hanya akan menerkam kambing yang sendirian (jauh dari kawan-kawannya)”. (HR. Abu Daud dan An-Nasai)

6. Allah menjanjikan surga bagi orang-orang yang sholat berjamaah
Orang-orang yang rajin sholat berjamaah akan dijanjikan surga oleh Allah SWT, sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Ada tiga golongan yang dijamin Allah SWT, yaitu orang yang keluar untuk berperang di jalan Allah maka ia dijamin oleh Allah hingga mewakafkannya lalu memasukannya ke dalam surga-Nya atau mengembalikannya dengan membawa pahala dan ghanimah, kemudian orang yang pergi ke masjid maka ia dijamin oleh Allah hingga mewakafkannya lalu memasukannya ke dalam surga-Nya atau mengembalikannya dengan membawa pahala , dan orang yang masuk rumahnya dengan mengucap salam maka dia dijamin oleh Allah”. (HR. Abu Dawud)

7. Terhindar dari sifat nifaq
Nifaq merupakan salah satu dari penyakit hati yang terkadang ada di dalam diri manusia. Nifaq sendiri berarti sifat menyembunyikan kemunafikannya atau sifat munafiq di dalam diri seseorang.

Sholat berjamaah dapat menghilangkan sifat nifaq ini, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa yang melakukan sholat berjamaah empat puluh hari, niscaya Allah SWT akan membebaskannya dari neraka dan melepaskannya dari pada nifaq”.

Dalam hadits di atas telah jelas dijelaskan bahwa sholat berjamaah yang dilakukan dalam empat puluh hari berturut-turut dapat mengilangkan sifat nifaq darinya.

8. Menjadikan syiar bagi masyarakat
Ketika seseorang berangkat dari rumah dan menuju ke masjid untuk melaksanakan sholat berjamaah maka langkahnya dapat menjadikan syiar dan menjadikan dakwah bagi masyarakat sekitar.

9. Memperkuat ukhuwah islamiyah
Ketika melaksanakan sholat berjamaah, maka kita akan bertemu dengan umat muslim lainnya. Maka melaksanakan sholat berjamaah akan dapat dijadikan sebagai sarana silaturahmi dan memperkuat persaudaraan sesama umat islam.

0 Response to "Keutamaan Sholat Berjamaah"

Post a Comment