Keutamaan, Tata Cara dan Manfaat Puasa Senin Kamis


Puasa merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim dan termasuk di dalam salah satu rukun islam.

Puasa senin kamis merupakan salah satu puasa sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan, sebagaimana Nabi Muhammad SAW juga sangat senang mengerjakan amalan puasa sunnah ini.

Dari Aisyah ra. Berkata :

Artinya : “Adalah Nabi SAW memperbanyak puasa di hari senin dan kamis”. (HR. Al-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Nabi sangat menyukai mengerjakan amalan puasa sunnah hari senin dan kamis ini karena beberapa alasan, yaitu :

Artinya : “Dari Abu Qotadah ra., sesungguhnya Rasulullah SAW ditanya tentang puasa senin, maka beliau menjawab : Hari senin adalah hari lahirku, hari aku mulai di utus atau hari mulai diturunkannya wahyu”. (HR. Muslim)

Dari Abi Hurairah ra., Rasulullah SAW bersabda :

Artinya : “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah SWT) pada hari senin dan kamis, maka aku suka amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa”. (HR. Tirmidzi)

Keutamaan puasa senin kamis
Amalan sunnah senin kamis sangat dianjurkan agar dilakukan oleh umat muslim karena memiliki banyak keutamaan diantaranya telah dijelaskan di dalam hadits Rasulullah SAW :

Artinya : “Pintu surga dibuka pada hari senin dan kamis. Setiap hamba yang tidak burbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dengan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai”. (HR. Muslim)


Artinya : “Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya Ar-Rayyan, yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa dikatakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa ? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka. Jika mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup sehingga tidak ada seorang pun masuk melaluinya lagi”. (HR. Bukhori dan Muslim)

Selain itu, amalan-amalan manusia akan diangkat dan diperiksa pada hari senin dan kamis, sebagaimana hadits Rasulullah SAW :

Artinya : “Amal-amal manusia akan diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) 2 kali, yaitu pada hari senin dan kamis, maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan”. (HR. Muslim)

Tata cara melakukan puasa senin kamis
Tata cara melakukan puasa sunnah senin kamis pada umumnya sama dengan puasa-puasa lainnya, yaitu mulai berpuasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Puasa sunnah senin kamis ini dilaksanakan pada hari senin dan kamis, dan niat dari puasa ini cukup dilakukan dengan mengucapkan niat untuk melakukan puasa sunnah senin kamis di dalam hati.

Adapun niat puasa sunnah senin kamis adalah sebagai berikut :
Niat puasa sunnah hari senin

Artinya : “Aku berniat puasa hari senin karena Allah Ta’ala”.

Niat puasa sunnah hari kamis

Artinya : “Aku berniat puasa hari kamis karena Allah Ta’ala”.

Manfaat puasa senin kamis
1. Melatih diri untuk terhindar dari dosa
Dengan rajin mengerjakan puasa senin kamis maka kita dapat terhindar dari melakukan perbuatan dosa. Puasa disamping untuk menahan lapar dan haus juga untuk berfungsi untuk melatih kesabaran.

Dengan berpuasa maka kita akan cenderung bersabar untuk menghindari perbuatan-perbuatan dosa.

2. Dapat mengindarkan diri dari godaan syaitan
Dengan melakukan puasa maka dapat mengindari diri dari godaan syaitan. Syaitan merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang menggoda manusia untuk melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT dan meninggalkan hal-hal yang di perintah Allah SWT.

Dengan puasa maka akan menjadi jalan untuk menghambat syaitan dalam menggoda manusia.

3. Dapat meningkatkan amalan
Dengan memperbanyak melaksanakan puasa sunnah maka kita akan terdorong untuk meningkatkan amalan-amalan lainnya yang akan mendatangkan pahari dari Allah SWT.

4. Meningkatkan kesehatan tubuh
Banyak sekali para ahli kesehatan yang menyatakan bahwa berpuasa akan baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Puasa yang sering dilakukan akan membersihkan diri dari berbagai kemungkinan datangnya penyakit.

Saat melaksanakan puasa, sistem pencernaan manusia akan dapat beristirahat sehingga sistem tubuh manusia yang lainnya dapat bekerja secara optimal.

5. Meningkatkan rasa syukur
Dengan puasa maka kita dapat ikut merasakan hal yang dirasakan oleh orang-orang yang kurang mampu terutama rasa lapar sehingga dengan berpuasa akan mendorong kita untuk lebih bersyukur akan nikmat Allah SWT yang telah diberikan.

Selain itu, dengan puasa juga akan mampu meningkatkan rasa simpati terhadap sesama manusia.

0 Response to "Keutamaan, Tata Cara dan Manfaat Puasa Senin Kamis"

Post a Comment