Contoh Text Pembawa Acara Pengajian


Acara pengajian seringkali dilaksanakan oleh masyarakat di Indonesia yang berkeyakinan dan beragama Islam.

Pengajian dilaksanakan untuk menambah rasa iman dan taqwa kepada Allah SWT serta menyambung tali silaturahmi antar sesama umat islam.

Di dalam sebuah pengajian terdapat seseorang yang bertugas untuk membawakan acara. Orang ini disebut dengan pembaca acara atau MC.

Untuk menjadi pembaca acara yang baik di dalam suatu acara pengajian maka perlu memperhatikan beberapa hal yaitu tidak boleh gugup dalam membawakan acara dan telah mengetahui beberapa tahapan-tahapan untuk membawakan acara.

Berikut ini adalah contoh text pembaca acara dalam sebuah acara pengajian yang dapat digunakan sebagai bekal agar acara tersebut dapat berjalan kondusif dan baik.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bismillahirrohmanirrohim.

Alhamdulillahirobbil alamin, wassholawatu wassalaamu ‘ala asrofil ambiya iwal mursalin wa’ala alihi wasobihi aj ma’in. Amma ba’du.  

Pertama-tama marilah kita panjatkan segala puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana pada hari ini kita masih dilimpahkan nikmat dan iman sehingga kita semua dapat berkumpul ditempat ini dalam keadaan sehat dan beriman.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita, uswah kita, Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kita dari jaman jahiliyah menuju ke jaman yang penuh rahmatan lil alamin.

Yang saya hormati Ustadz ... (nama ustadz) yang telah berkenan untuk hadir pada acara pengajian hari ini, yang saya hormati takmir masjid ... (nama masjid) dan saya ucapkan banyak terima kasih kepada bapak ibu saudara saudari yang telah berkenan hadir di tempat ini.

Semoga langkah kaki dari bapak ibu saudara dan saudari sekalian dapat menjadikan amalan baik kelak.

Sebelum kita mulai acara pengajian pada hari ini, perkenankan saya selaku pembaca acara ingin menyampaikan beberapa susunan acara pengajian pada hari ini.
  1. Acara yang pertama adalah pembukaan.
  2. Acara yang kedua adalah pembacaan kalam ilahi (atau pembacaan ayat suci Al-Qur’an) yang akan dibacakan oleh ... (nama pembaca ayat suci Al-Qur’an).
  3. Acara yang ketiga adalah sambutan dari ketua takmir masjid ... (nama masjid), bapak ... (nama ketua takmir).
  4. Acara yang keempat adalah acara inti yaitu pengajian yang akan disampaikan oleh ustadz ... (nama ustadz).
  5. Acara yang kelima adalah lain-lain.
  6. Dan acara yang terakhir adalah penutup.

Pembukaan
Baiklah, menginjak acara yang pertama yaitu pembukaan. Marilah pengajian pada hari ini kita buka dengan bacaan basmallah bersama-sama “Bismillahhirrohmanirrohim”. Semoga dengan bacaan basmallah ini, acara pengajian pada hari ini dapat berjalan dengan lancar, Aamiin.

Pembacaan kalam ilahi
Menginjak acara yang kedua yaitu pembacaan kalam ilahi yang akan dibacakan oleh ... (nama pembaca kalam ilahi). Kepada ... (nama pembaca kalam ilahi) kami persilahkan.

(Setelah selesai pembacaan kalam ilahi)
Terima kasih kepada ... (nama pembaca kalam ilahi) yang telah membacakan ayat suci Al-Qur’an. Semoga dari bacaan ayat suci Al-Qur’an tersebut dapat menambah keberkahan dalam acara pengajian pada hari ini, Aamiin.

Sambutan ketua takmir
Menginjak acara yang ketiga yaitu sambutan ketua takmir ... (nama ketua takmir), kepada ketua takmir masjid ... (nama masjid), bapak ... (nama ketua takmir) kami persilahkan.

(Setelah selesai sambutan)
Terima kasih kepada bapak ... (nama ketua takmir) selaku ketua takmir masjid ... (nama masjid) yang telah memberikan sambutan.

Acara inti
Menginjak acara yang keempat yaitu acara inti. Tausiyah pada acara pengajian kali ini akan disampaikan oleh yang terhormat ustadz ... (nama ustadz). Kepada ustadz ... (nama ustadz) kami persilahkan.

(Setelah selesai Tausiyah)
Terima kasih kepada ustadz ... (nama ustadz) yang telah menyampaikan tausiyah pada acara pengajian hari ini, semoga apa yang disampaikan oleh ustadz ... (nama ustadz) dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita dapat mepraktekannya dalam kehidupan sehari-hari.

Lain-lain
Menginjak acara yang kelima yaitu lain-lain (acara lain-lain dapat berisi pengumuman tentang jumlah infaq pengajian yang telah dilaksanakan, pengumuman pengajian selanjutnya atau pengumuman lainnya).

Penutup
Menginjak acara yang terakhir yaitu penutup. Marilah pengajian pada hari ini kita tutup dengan bacaan basmallah (atau tahmid) bersama-sama “Alhamdulillahirobbil alamin”.

Sebelum acara pengajian ini dibubarkan, saya selaku pembaca acara memohon maaf apabila ada salah kata dan perbuatan dari saya selama acara pengajian ini berlangsung.

Bilahitaufik walhidayah wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0 Response to "Contoh Text Pembawa Acara Pengajian"

Post a Comment